DEPARTEMEN KESENIAN

DEPARTEMEN TAHFIDZ DAN TAFSIR : Departemen tahfidz dan tafsir adalah salah satu bagian dari departemen bidang seni dan Alquran di Usman yang mempelajari tentang ilmu Al-Quran, baik belajar membaca, menghafal, serta memahami ayat-ayat suci Al-Quran (tafsir) dan tafsir kitab lainnya. Adapun untuk tugas dan fungsi dari departemen tahfidz dan tafsir adalah mengadakan kegiatan belajar baca Al-Quran sesuai kaidah ilmu tajwid, mengadakan kegiatan setoran hafalan untuk mahasiswa yang berniat menghafal  Al-Quran serta mengadakan kajian mengenai kandungan ayat Al-Quran (tafsir) serta kajian kitab lainnya sebagai landasan pemahaman mengenai kehidupan. Program kerja dari Departemen Tahfidz dan Tafsir antara lain Rumah Quran, Kajian Tafsir, Pelatihan MTQ, dan OWOJ (One Week One Juz).

DEPARTEMEN SHOLAWAT : Departemen sholawat merupakan salah satu departemen kesenian dalam Usman yang berkecimpung dalam seni musik yang bernafas islami. Departemen sholawat ini mewadahi mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman yang mempunyai bakat dan peduli terhadap seni islami di bidang sholawat. Program kerja Departemen Sholawat antara lain latihan rutin, rutinan, Ini Al-Ihya, Undangan Manggung, dan lain-lain.

DEPARTEMEN SAMAN : Departemen Tari Saman merupakan departemen dalam Usman yang mempelajari seni tari tradisional yang berasal dari Aceh yaitu tari saman. Tugas dari Departemen Tari Saman adalah memfasilitasi bakat dan minat anggota khususnya dalam bidang tari saman. Program kerja Departemen Saman yaitu latihan rutin, latihan gabungan, bincang saman, dan penayangan hasil latihan.

DEPARTEMEN TILAWAH : Departemen Tilawah adalah departemen dalam Usman yang melaksanakan kegiatan pembinaan tilawah dan murotal yang disajikan dengan beberapa metode khusus untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa di bidang seni tilawah dan murotal di tingkat Universitas. Program kerja Departemen Tilawah antara lain latihan rutin, pendelegasian lomba, dan Tilawah Lab. DEPARTEMEN KALIGRAFI : Departemen Kaligrafi Usman merupakan salah satu departemen seni Islam yang terdapat di Usman yang bergerak dalam pengembangan seni kaligrafi Al-Quran. Tugas Departemen Kaligrafi Usman meliputi beberapa hal yaitu, menyediakan sarana belajar yang nyaman, pengajar yang kompeten dalam bidang kaligrafi Al-Quran, metode belajar yang menarik, serta mendampingi peserta dalam tiap kegiatan departemen. Sementara itu, departemen Kaligrafi Usman berfungsi sebagai wadah ekspresi minat dan bakat seni menulis ayat-ayat Al-Quran, Al-Hadits, maupun kata-kata mutiara dalam bahasa arab sebagai sarana dakwah Islam lewat kesenian Islam, dan sebagai pengerat ukhuwah islamiyah antar anggota, pengurus dan kaligrafer profesional baik di dalam maupun di luar Unsoed. Adapun program kerja Departemen Kaligrafi antara lain Media Kaligrafi, CalligraphyExhibition, Graphity, dan lain-lain.